Survey tentang Hubungan Motivasi Mahasiswa
dengan Tingkat Ketertarikan dan Keaktifan Mahasiswa
Saya melakukan suatu survei dengan memakai kuisioner untuk melihat bahwa apakah ada hubungan motivasi mahasiswa dengan tingkat ketertarikan dan keaktifan mahasiswa di dalam perkuliahan Psikologi Pendidikan. Survei ini saya tujukan kepada mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2011.
Kuisioner ini terdiri dari sembilan poin dimana setiap poinnya merupakan pernyataan yang berhubungan dengan motivasi,rasa tertarik, dan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah psikologi pendidikan. Survei ini telah di isi oleh 59 orang mahasiswa/i yang di pilih secara random. Berikut terdapat beberapa keterangan mengenai hasil survey yang telah saya buat.
Saya melakukan suatu survei dengan memakai kuisioner untuk melihat bahwa apakah ada hubungan motivasi mahasiswa dengan tingkat ketertarikan dan keaktifan mahasiswa di dalam perkuliahan Psikologi Pendidikan. Survei ini saya tujukan kepada mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2011.
Kuisioner ini terdiri dari sembilan poin dimana setiap poinnya merupakan pernyataan yang berhubungan dengan motivasi,rasa tertarik, dan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah psikologi pendidikan. Survei ini telah di isi oleh 59 orang mahasiswa/i yang di pilih secara random. Berikut terdapat beberapa keterangan mengenai hasil survey yang telah saya buat.
1. Saya Sangat Tertarik Terhadap Mata Kuliah Psikologi Pendidikan.(sangat sesuai= 3.39%, sesuai=45.76%, netral=38.98%, tidak setuju=11.86%, sangat tidak setuju=0%)
2. Saya Harus Mendapatkan Nilai Tinggi Dalam Mata Kuliah Ini.
(sangat sesuai=28.81%, sesuai=59.32%, netral=11.86%, tidak sesuai=0%, sangat tidak sesuai=0%)
3. Saya Ingin Mendapatkan Informasi Pelajaran Yang BergunaBagi Saya.
(sangat sesuai=32.20%, sesuai=64.41%, netral=3.39%, tidak setuju=0%, sangat tidak setuju=0%)
4. Saya Cukup Aktif Ketika Bertanya Dan Berkomentar Dalam Proses Perkuliahan Di Kelas.
(sangat sesuai=0% , sesuai=0.17%, neral=59.32%, tidak sesuai=30.51%, sangat tidak sesuai=0%)
5. Saya Merasa Bersemangat Ketika Diberikan Sistem Perkuliahan Baru, Seperti E-learning Ataupun Blended Learning.
(sangat sesuai=10.17%, sesuai=57.63%, netral=25.42%, tidak sesuai=6.78%, sangat tidak sesuai=0%)
6. Saya Suka Memposting Hal-hal Positif Di Blog Ketika Saya Memiliki Waktu Luang.
(sangat sesuai=10.17%, sesuai=37.29%, netral=40.68%, tidak sesuai=11.86%, sangat tidak sesuai=0%)
7. Saya Merasa Materi Pekuliahan Yang Dibahas Berkaitan Dengan Hal-hal Itu Saja.
(sangat sesuai=0%, sesuai=8.47%, netral=50.85%, tidak sesuai=40.68%, sangat tidak sesuai=0%)
8. Saya Merasa Dapat Lebih Aktif Dalam Perkuliahan Ketika Saya Telah Membaca Materi Pelajaran Terlebih Dahulu.
(sangat sesuai=8.47%, sesuai=62.71%, netral=23.73%, tidaks esuai=5.08%, sangat tidak sesuai=0%)
(sangat sesuai=28.81%, sesuai=59.32%, netral=11.86%, tidak sesuai=0%, sangat tidak sesuai=0%)
3. Saya Ingin Mendapatkan Informasi Pelajaran Yang BergunaBagi Saya.
(sangat sesuai=32.20%, sesuai=64.41%, netral=3.39%, tidak setuju=0%, sangat tidak setuju=0%)
4. Saya Cukup Aktif Ketika Bertanya Dan Berkomentar Dalam Proses Perkuliahan Di Kelas.
(sangat sesuai=0% , sesuai=0.17%, neral=59.32%, tidak sesuai=30.51%, sangat tidak sesuai=0%)
5. Saya Merasa Bersemangat Ketika Diberikan Sistem Perkuliahan Baru, Seperti E-learning Ataupun Blended Learning.
(sangat sesuai=10.17%, sesuai=57.63%, netral=25.42%, tidak sesuai=6.78%, sangat tidak sesuai=0%)
6. Saya Suka Memposting Hal-hal Positif Di Blog Ketika Saya Memiliki Waktu Luang.
(sangat sesuai=10.17%, sesuai=37.29%, netral=40.68%, tidak sesuai=11.86%, sangat tidak sesuai=0%)
7. Saya Merasa Materi Pekuliahan Yang Dibahas Berkaitan Dengan Hal-hal Itu Saja.
(sangat sesuai=0%, sesuai=8.47%, netral=50.85%, tidak sesuai=40.68%, sangat tidak sesuai=0%)
8. Saya Merasa Dapat Lebih Aktif Dalam Perkuliahan Ketika Saya Telah Membaca Materi Pelajaran Terlebih Dahulu.
(sangat sesuai=8.47%, sesuai=62.71%, netral=23.73%, tidaks esuai=5.08%, sangat tidak sesuai=0%)
9. Bagi Saya, Tidak Terlalu Aktif Di Kelas Saat Perkuliahan Adalah Hal Yang Wajar.
(sangat sesuai=5.08%, sesuai=32.20%, netral=45.76%, tidak sesuai=16.95%, sangat tidak sesuai=0%)
(sangat sesuai=5.08%, sesuai=32.20%, netral=45.76%, tidak sesuai=16.95%, sangat tidak sesuai=0%)
Melalui hasil persentasi pernyataan-pernyataan
di atas, kita dapat melihat bahwa mahasiswa/i yang mengikuti kelas psikologi
pendidikan rata-rata telah cukup memiliki motivasi yang tinggi terhadap mata
kuliah tersebut. Namun perlu kita perhatikan juga bahwa banyak mahasiswa/i yang
juga memilih respon netral sebesar 38.98%. Hal ini mengindikasikan juga bahwa cukup
banyak mahasiswa/i yang memiliki tanggapan yang netral atau biasa saja terhadap
mata kuliah ini. Motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa/i ini dapat dikatakan
sebagai motivasi ekstrinsik dan intrinsik. Hal ini dapat dijelaskan dengan
pernyataan bahwa mereka harus mendapatkan nilai tinggi dalam mata kuliah
ini(sebesar 59,32%) dan mereka juga ingin memperoleh banyak informasi pelajaran
yang berguna bagi mereka(sebesar 64.41%).
Dari
survey diatas dapat kita lihat juga bahwa motivasi amat berkaitan dengan rasa
tertarik mahasiswa/i dalam mengikuti perkuliahan mata kuliah psikologi
pendidikan. Karena mahasiswa/i memiliki motivasi yang cukup besar terhadap mata
kuliah ini, maka mereka juga merasa bersemangat untuk membaca materi pelajaran
sebelum perkuliahan dimulai. Mahasiswa/i juga bersemangat ketika mereka diberi
pembelajaran yang baru. Dalam tingkat keaktifan, motivasi juga memiliki
hubungan yang besar dengan keaktifan mahasiswa di dalam perkuliahan. Hal ini
dapat terlihat ketika mahasiswa termotivasi untuk membaca materi pelajaran,
mereka menjadi lebih aktif di dalam perkuliahan. Namun saya juga memberi
perhatian terhadap beberapa pernyataan yang tidak sesuai diantaranya adalah mahasiswa/i
memiliki respon netral terhadap pernyataan bahwa mereka cukup aktif saat
bertanya dan mereka menganggap bahwa tidak terlalu aktif saat perkuliahan
adalah hal yang wajar. Tapi hal tersebut mungkin disebabkan karena mereka
terkadang juga merasa belum memahami materi pelajaran ataupun masih kurang
percaya diri dalam menyuarakan pendapat mereka di dalam kelas saat perkuliahan
Nah,
dari beberapa penjelasan diatas. Saya dapat menarik kesimpluan bahwa ketika mahasiswa/i
memiliki motivasi yang tinggi terhadap suatu mata kuliah maka mereka juga akan
merasa tertarik untuk mengikuti perkuliahan tesebut dan juga memiliki tingkat
keaktifan yang cukup tinggi. Mahasiswa/i yang memiliki motivasi yang tinggi
akan berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik dari perkuliahan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar